Muslimah, Antara Siap Dan Ingin Menikah

oleh : Ayyesha-yahya

sumber http://www.manajemenqalbu.com

Pernikahan Idham dan Rani berlangsung lancar. Kawan-kawan kuliah keduanya banyak yang datang, walaupun resepsi itu dilakukan jauh dari kota dimana mereka berdua menuntut ilmu. Di sudut ruangan, tampak sekelompok akhwat sedang menikmati hidangan. Mereka sedang menggoda Rifa, sahabat Rani, kapan Rifa akan segera menyusul Rani. Ditanya begitu, Rifa hanya tersenyum, dan menjawab, “Jika saatnya tiba.”

Namun tak lama setelah kejadian itu, timbul perasaan-perasaan ingin mengitu jejak Rani di hati Rifa. Meski Rifa sendiri masih galau, apakah dirinya benar-benar sudah siap atau hanya ingin menikah????

Sahabat Muslimah…Banyak akhwat yang mengalami peristiwa yang dialami Rifa dalam ilustrasi diatas. Beberapa diantaranya rata-rata masih tercatat sebagai mahasiswi. Memang, menikah dini di kalangan mahasiswa akhir-akhir ini seolah menjadi trend yang sedang berkembang.

Sahabat Muslimah…Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang akhwat ingin segera mengakhiri masa lajangnya, antara lain:

1. Karena faktor usia

Banyak akhwat yang merasa gelisah karena usia yang sudah cukup untuk menikah, namun belum juga ditunjukkan siapa pendampingnya.

2. Melihat teman yang sudah menikah

Adakalanya, jika teman kita sudah menikah, mereka bercerita kepada kita, betapa indah dan menyenangkannya hidup berumah tangga, sehinga membuat kita ingin segera merasakannya.

3. Dipanas-panasi

Tak dipungkiri, di sebagian kalangan akhwat, salah satu topik favorit yang sering dibicarakan adalah seputar ikhwan dan nikah. Lambat laun, karena seringnya membicarakan hal itu, membuat hati sebagian akhwat kebat-kebit.

Apalagi jika sudah ditambah bumbu-bumbu tertentu. Itulah sebabnya mengapa kita dilarang untuk membicarakan hal-hal yang tidak perlu, karena bisa saja membuat hati kita kotor.

Sebagian lagi beralasan, mereka ingin segera menikah untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bukan alasan yang salah sebenarnya. Tapi acapkali, karena terburu-buru ingin menikah, banyak hal yang lupa dipersiapkan.

Sahabat muslimah… Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika kita memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Antara lain:

1. Kesiapan Pemikiran yang mencakup:
a. Kematangan Visi Keislaman
Hal ini dimaksudkan, agar pasangan suami istri mempunyai frame yang sama mengenai Islam sebagai dasar rumah tangga, agar rumah tangga benar-benar bernilai ibadah, tidak hanya sebagai pemuas kebutuhan biologis saja. Dengan ajaran Islam sebagai landasan rumah tangga, diharapkan, rumah tangga tersebut dapat menjadi rumah tangga yang sakinah mawaddah warrohmah.

b. Memiliki kematangan visi kepribadian
Disamping beragama secara kultural, banyak juga orang yang landasan keislamannya di bangun oleh emosi. Namun karena tidak dilandasi oleh pengetahuan Islam yang kuat, kadang membuat sebagian orang cepat futur, bosan dan lain sebagainya. Jika hal ini terjadi dalam rumah tangga, bisa menjadi sebab timbulnya kegagalan seseorang dalam berumah tangga.

2. Kesiapan Psikologis

Kematangan psikologis yang dimaksud adalah kematangan atau kesiapan tertentu secara psikis, untuk mengahadapi berbagai tantangan yang akan dihadapi selama hidup berumah tangga. Seringkali karena secara psikologis kondisi seseorang belum siap, membuat pasangan suami istri tidak siap dengan berbagai kondisi pasca nikah.

3. Kematangan Fisik

Ada beberapa hal yang menjadi persyaratan mutlak dalam sebuah perkawinan menurut Islam, yang berkaitan dengan fisik. Antara lain :

a. Seorang laki-laki atau wanita yang kan menikah harus yakin bahwa alat-alat reproduksinya berfungsi dengan baik

Karena salah satu sebab perceraian yang diperbolehkan dalam Islam adalah karena alat reproduksi pasangannya tidak berfungsi dengan baik.

b. Usia

Kita juga harus menyadari, bahwa secara fisik, kita benar-benar sudah siap menikah. Itulah kenapa sebabnya seorang wanita dianjurkan untuk tidak menikah dalam usia yang masih dini. Banyak kasus yang terjadi, dimana anak-anak yang baru keluar dari sekolah dasar (usia sekitar 12-13 tahun) langsung dinikahkan. Di Barat, ada survey yang membuktikan, bahwa orang-orang yang melakukan hubungan seksual terlalu muda, pada umumnya di atas usia tiga puluh tahunan akan mengalami hambatan-hambatan fisik.

Meskipun sekali lagi, tidak ada kriteria tertentu kapan seseorang menjadi matang secara fisik. Ada kasus-kasus tertentu, seperti halnya orang-orang tua zaman dulu, banyak yang tetap sehat dan memiliki keluarga besar, meskipun menikah dalam usia yang masih sangat muda.

c. Kesehatan

Sebelum menikah, usahakan mengetahui kondisi fisik dan kesehatan calon pasangan kita. Kalau bisa, ketahui juga kesehatan keluarga calon pasangan kita itu, karena biasanya ada penyakit tertentu yang merupakan penyakit keturunan.

4. Kesiapan Finansial

Perkawinan juga merupakan kerja ekonomi, tidak hanya cukup dengan cinta. Bukan berarti seorang muslimah harus materialistis. Namun hal ekonomi /finansial kadang menjadi pemicu konflik dalam rumah tangga. Meskipun ada beberapa pasangan yang merasa cukup hanya dengan bekal cinta saja, akan lebih baik jika kita mempersiapkan finansial sejak jauh-jauh hari.

Sahabat muslimah… Menikah adalah sebuah Mitsaqan Ghalizhan, perjanjian yang sangat berat. Banyak konsekuensi yang harus dijalani suami istri dalam berumah tangga. Jangan pernah mengambil keputusan untuk menikah hanya karena ‘ingin’, sementara banyak faktor yang belum kita persiapkan. Jika sejak awal kita sudah mempersiapkan mahligai rumah tangga yang akan kita bina, niscaya kebahagiaan dunia dan akhirat akan kita rasakan. InsyaAllah. Maka, apakah sahabat sudah ingin menikah, atau benar-benar siap dengan pernikahan ???

This entry was posted in Tentang Pernikahan. Bookmark the permalink.

197 Responses to Muslimah, Antara Siap Dan Ingin Menikah

  1. mala says:

    Assalamualaikum…
    Senang sekali bisa bergabung di forum ini.
    Akhi, Ukhti lebih baik qta berusaha menjadi lebih baik dan bertekad untuk menjadikan pendamping hidup qta kelak lebih baik, daripada qta sibuk mencari pendamping yang baik. karena janji Allah pasti, bahwa laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik.
    Untuk diskusi, saya ada di YM mala15_fathiya.
    Salam ukhuwah :)

  2. piq portnoy says:

    aqu bingung cara yang dibolehkan dalam islam untuk mendapatkan pasangan

  3. /piq' Hidayah says:

    assalam…tuk semua saudaraqu sesama muslim..

  4. /piq' Hidayah says:

    assalam..tuk smua saudaraqu sesama muslim.

  5. /piq' Hidayah says:

    assalam…saudaraqu..

  6. /piq' Hidayah says:

    :hehe: :smile: :razz: :eek: :???: :wink: :cool:

  7. fawaizzah says:

    assalamualaikum…….
    hikz….hikz………
    aq ikutan nimbrung donk..!!!

  8. d%W1 says:

    ass.muharomi blh taaruf ga?ak jg org solo,female,27 th(oktober),S1,krja di solo.lam taaruf za my mail brilianttrie@yahoo.co.id

  9. tha2 says:

    waw…………subhanallah…………….
    stelah saya baca blog ini,saya merasa mendapat pencerahan…
    ternyata apa yg kita iginkan belum tentu kita sia buat kita jalanin…
    trimakasih…………….ni sebuah pelajaran berharga bwt Q
    arigatou…. ;;) :hugss: :wink:

  10. akhsan says:

    :-$ Subhanallah maha suci Allah atas segala yang diciptaka-Nya..

  11. dezzy says:

    assalamu’alaikum wr.wb

    salam kenal

  12. ahmad says:

    Assalamu’alaikum:

    ikut gabung donggg
    Ane Ahmad lajang 26 th tinggal di Batam en kerja juga di batam juga pengen nikah sapa y yang pengen ta’aruff ni E-mail karta_com@yahoo.co.id :hehe:
    ane tunggu
    dah dulu sekelumit artikel ane singkat tapi jelas

    sukron :hehe: :razz: :eek: :???:

  13. susana says:

    assalamu’alaikum

    ukhti dan akhi, klw mebicarakan jodoh adalah sesuatu yang sulit untuk dijawab. allah maha tahu yang tebaik untuk kta. besabarlah, buah kesabaran adalah enak nimat dan manis. karena jodoh itu hal yag goib. walaupun kini sedang menanti belahan hati tapi tetaplah berusaha berkarir untuk akhirat dan dunia. yakinlah akan janji allah bahwa wanta keji utuk laki2 kej dan wanita baik2 untuk laki2 baik2.

    sukron

    :smile:
    susana

  14. hardi says:

    :eek: jodoh kok goib nikah ama apa tuh ups af1 asalamualaikum :smile: af1 to ukti susan klo jodoh tuhnyataaaaaa kagak goib klo goib ceyem banget dah janji Allah benar laki2 baik akan mendapatkan wanita baik . yakin dan cari ditempat yang baik [-x pasti dapat sekarang kembali kekita banyak gak milih2 jarang yg paling utama agamanya paling utama gt da kwn sukses berjuang terus :pray:

  15. mala says:

    Assalamualaikum…
    Wah-wah, ajang ikhtiar ya disini :)
    Subhanallah…bahasannya slalu tentang pernikahan. Tapi memang benar, bahasan seperti ini seharusnya bukan hal tabu yang harus dibicarakan. karena segala sesuatu harus dipersiapkan.
    Saat banyak orang ‘menunggu’ dalam ketidakpasatian, yah… itu artinya Allah memberi kita tenggang waktu untuk lebih ‘bersiap diri’, utk belajar lagi, utk lebih matang dalam menghadapi gerbang rumah tangga. Karena pernikahan itu hanya ‘gerbang’ untuk memasuki fase hidup yang ‘mungkin’ sebenarnya.
    Saat kita belum bisa memanage diri sendiri, maka akan lebih berat konsekuensinya ketika kita harus menyatukan dua jiwa yang berbeda…
    maka diperlukan kematang dan kedewasaan utk menghadapi ‘hari itu’.

    Salam ukhuwah buat semua… semoga penantian segera menemukan labuhannya… :)

  16. erlina says:

    :smile: Ikutan dong…..

    Saya cwe yang udh umur 29,5 thn,sebetulnya sedih sih umur dah segini belum juga menikah,ga ada niat untuk pemilih tapi ga tau kenapa sampai sekarang belum menemukan orang yang bisa dijadikan pendamping hidup, pernah sih hampir merasa putus asa marah sama Tuhan tp syukurlah akhirnya saya menyadari itu lebih kepada kesalahan saya sebagai manusia.saya sangat setuju dengan menikah bisa menjaga kehormatan atau pun menyempurnakan agama, mungkin inilah bukti bahwa jodoh merupakan rahasia Allah Swt dan berharap Tuhan bisa segera mempertemukan jodoh saya. Amien

  17. A. baikhaki says:

    :pray: Mohon perlindungan Allah Atas segala kesalahan
    Salah satu yang perlu diingat diantaranya adalah, setiap kita yang akan melangsungkan pernikahan, kita akan merubah hukum Allah yg haram menjadi halal, dan yang halal menjadi haram, maka saudara dan saudariku seiman, perkaya diri dengan segala hal yang harus dipersiapkan ketika menghadapi sebuah pernikahan.
    :hugss: mohon dimaafkan, tidak bermaksud menggurui.

  18. echy says:

    ass wr wb

    aq seneng bgtbs bc blog ini,kbtlan skr aq lg suntuk bgt…..g tau mau cuhat kmna,eh aq brosing2 iseng liat blog ini ternyata bgus bgt….
    maaf aq g bs apke ukthi2 krn islmku jg g bagus2 amat….
    aq pgn iktan curhat aja sp tau bisa nmbah tman disini eh syukur2 i can fine someone i need here….at least a new friend…
    aq th ini 29 th,aq kdg ngrasa cpek bgt,aq org yg slit u klik sm org,tp tiap aq ngrasa klik ma orang selalu dipertemukan dg orang yang salah,entah itu minder,tidak sip de-el-el…
    kdg aq bertanya knp Allah mengujuku bgini,btp bsarnyakah dosaku…..
    aq tk minta byk……hnya ingin menikah,membangun rmh tangga sakinah mawadah marahmah….
    tapi aq jg yakin Allah tdk akan memberi cobaan diluar kemampuan kit,dan aq jg yakin Allah punya rencana yg lbh baik dibalik ini semua…..
    bwt tmn2 yang png taaruf kesni aja christienharyati@yahoo.co.id

    trims bgt …….. bwt yang udah ma bc curhatku,mhon ksh comment……

    wass wr wb :smile: :smile: :smile:

  19. echy says:

    curhat lg ya…..

    kmrin aq menjalin hub dg seseorang,sdh 6 bl km jllni,aq emg dr awal niat serius dan aq jg tau dia msh bl siap,tp aq mncoba untk bersabar mkin ditengah perjlanan dia siap….
    sbnarnya dia jg sdh pgn mnkah tp ada 2 fktor yg membuat dia menunda,pertama kakaknya bl mnkah dan dia bl memilki pkerjaan ttap…..
    setlah 6 bl,kmbali kutegaskan hub kami,dia memberkan waktu 2th untuk mnikah…tp bwt aq itu terlalu lama…akhirnya dg berat ht kt akhiri semuanya….
    aq tau mkin ini petunjuk dari Allah memang dia bkan yg terbaik bwt aq..tp knp rsnya berat sekali menerimanya….
    di sisi lain aq py adik perempuan yg jg siap mnkah,dia sdh py calon ….
    adik dan org tua sdh membicarakan halini sm aq,bgmn seandainya adik mnkah dlu,dihdpan mereka aq blg ikhlas krn aq g ingin jd penghalang,tp aq mnusia biasa,dl hati aq menjerit,aq menangis…….
    aq tau Allah tdk akan memberi cobaan diluar kmampuan kita dan pasti Allah sdh memepersiapkan yang lebih baik bwt aq,tp knp rsnya berat sekali…..
    skr aq ttp ikhtiar dan pasrah…
    untuk mas iqbal dan mba vie…mhon saran
    dan teman2 trims udah bc curhatku…mkin bs ksih saran….

  20. hardi says:

    [-x asalam buat echy tindakan yg km ambl baik klo menurut islam dan perihal jodoh ituh semua tergantung kepada kita , karenan Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yg merubahnya.Allah hanya menunjukan jalannya saja dan ada ketetapan Allah yg gak bisa berubah yaitu laki2 baik akan mendapatkan wanita baik bgt juga sebaliknya laki2 buruk akan menikahi wanita yg buruk pula dan ini yg disebut Sunahtullah sekarang kembali kepada kita klo kita mau dapat calon yg baik yah perbaiki diri kita senggah bisa terwujud keluarga yg sakinah. klo keputusan km memberi ijin kepada adik km untuk menikah karna sudah ada calon adalah keputusan yg tepat insaAllah klo km memudahkan suatu pernikahan maka Allah akan mempermudah km dan mendapat yg lebih baik tapi km harus niatkan semata hanya untuk ibadah kepada Allah bukan karena manusia, sekarang tetep semangat perbaiki niat dan mantapkan aslam klo mau diskusi lebih lanjut kirim emaile ke ak juga boleh di hardi0281@yahoo.com

  21. dina says:

    ass
    salm kenal

  22. Eki A. Baikhaki says:

    :pray: Buat ecchy yang udah mulai faham dengan “laa yukallifullaahu nafsan illaa wus’aahaa”, :
    Disegarkan lagi ya… ada kata “maslahah”, bahwasannya setiap orang berdo’a memohonkan segala yang maslahah, bukankah dalam beberapa pendapat menyampaikan bahwa “maslahah” adalah suatu hal yang terjadi yang terbaik menurut Allah, jika demikian adanya, maka siapa yg lebih tau akan hal yg lebih baik dibandingkan dengan yang Maha mengetahui.
    sedikit saran saya, coba kita baca lagi ya… Surat Al Insyiroh….
    Wallaahu “alam Bishshawwab……….

  23. Liana says:

    Aslm,ane liana.blh gabung dunk?bg yg pngn knln ma ane,pls send ur mail to r_liana1@yahoo.com.
    Syukron.wslm

  24. Teuku Ayatullah Khumaidi says:

    Subhanallah… Salam Persaudaraan Untuk Semua.. Allahu Akbar

  25. aan abdillah says:

    assalamualaikum.wr.wb.
    saudaraku seiman dimanapun anda berada tolong bantu aku utk cari dimana pasangan hidupku..
    trims…

  26. MarLiha says:

    Salam. Sebentar lagi Ramadhan, bulan penuh keagungan dan keberkahan. Semoga Ramadhan ini kan lebih menguatkan niat dan memberikan kesiapan untuk segera menggenapkan setengah din. Bagi yang serius untuk ta’aruf bisa kirim email to: marliha@ymail.com. Salam ukhuwah untuk teman-teman di seluruh nusantara :smile:

  27. adel says:

    Assalamulaikum.Wr.Wb
    Boleh gabung…….???

  28. faza says:

    :smile: ..educatuf, thank’s

  29. sy4rif says:

    kata siapa biaya tidak boleh menjadi halangan buktinya terjadi pada diri saya……

  30. qori says:

    :smile: Assalamu’alaikum….

    wah tambah banyak aja yang gabung neh…. Ana punya cerita neh, ana punya tante yang umurnya 33 tahun tapi belum mendapatkan jodoh,trus ana coba jodohin dengan teman2 ana tapi koq aga susah yah… ada yang mau coba ber ta’arruf dengan tante ana, Insya Allah solehah…

    Tante ana bernama Latifah lulusan UIN bahasa arab dan sekarang mengajar ngaji di sebuah masjid dekat rumah. Tante ana mencari pasangan yang seumuran atau lebih tua dikit :wink: orangnya cantik,putih,sabar,ana tau karena ana akrab banget sama tante ana… klo memang ada para akhi yang sudah mapan dan siap untuk menikah coba aja sama tante ana no hp nya : 081317612421.

    Afwan neh, malah jadi ajang promosi….tapi yang namanya ikhtiar bisa dari mana aja kan klo usaha… jujur ana juga lagi mencari seorang pendamping..tapi untuk saat ini tante ana aja dah dulu…. Syukron yach kesempatannya. :smile: :wink:

    Wassalamu’alaikum…

  31. bankit says:

    Asllmkm..wr.wb.
    Ukhti Qori yg di cintai Alloh, smg sukses sllu dn ttep dlm lindungan-Nya.Amin. mulia banget tuh niat anti utk mencrikan jdoh tante anti… insyaAllah klo komitmen n byk do’a pasti akn terkabul, dn tante anti segera dpt jodoh.
    afwan ana mo taaruf aja sama anti ya, bisakan??? silhkn hubungi email ana kerenabis@gmail.com
    syukron ukh.
    Wslmkm.wr.wb.

  32. qori says:

    Assalamu’alaikum….

    Alhamdulillah…akhirnya tante ana akan di khitbah…ada salah satu teman ana yang ternyata diam2 tertarik dengan nya…. tapi klo mereka jodoh Insya Allah tahun depan rencana itu akan di laksanakan…

    @ akhi bankit…klo antum mau berta’aruf sama ana boleh2 aja…
    berikhtiarkan bisa darimana aja dan kapan aja…dan ana juga punya teman2 yang memang lagi mencari…

    Wassalam….

  33. emmy says:

    Subhanallah…. senang bisa bergabung disini….
    Salam untuk semua sahabat disini……
    Semua yang yang dibicarakan tentang pernikahan, semoga Allah SWT memberikan qta semua jodoh yang terbaik.
    Jikalau sampai saat ini belum didatangkan, jangan pernah berputus asa, mungkin ada rencana lain dibalik semua itu/ mungkin itu yang terbaik untuk qta.

  34. qori says:

    Wa’alaikum salam….

    @ Echy….
    yakin deh sama Allah…. jangan lupa terus berdoa dan berusaha semua pasti akan dikabulkan tapi harus bersabar juga….

    Allah kasih kita cobaan pasti satu paket dengan solusinya,tapi kita harus mencari solusi itu…yach dengan cara yakin,berusaha dan doa serta sabar…kita diberi cobaan itu tandanya Allah sayang sama kita…

    liat aja klo orangtua kita selalu ngomel,cerewet,bawel dan banyak ngelarangnya itu tandanya ortu kita sayang sama kita tapi klo kita dicuekin aja ma ortu malah kita nya jadi terjerumus dan itu tandanya ortu kita ga sayang sama kita…

    Be Positive Thingking…. ana yakin antum akan mendapatkan yang terbaik dari Allah…mungkin yang sudah2 bukan jodoh antum karena mereka bukan yang terbaik untuk antum…akan datang jodoh untuk antum tapi dengan waktu dan tempat yang tidak pernah kita tau…

    mudah2an dengan ijin Allah antum akan dapatkan yang terbaik… Amin Ya Rabb Al-amin.

  35. emmy says:

    @ 166 ahmad
    Salam persaudaraan untuk mu…. :smile:

  36. Eki Akhmad baikhaki says:

    Afwan, …..Saya sangat yakin bahwa Allah telah dan akan selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya, hanya saja cara kita untuk menjemput ni’mat itu terkadang kurang tepat, kurang akurat dan kurang sabar, wallahu álam bishshawwab….

  37. bankit says:

    Aslmkm..wr.wb.
    Ukhti Qori afwan ana baru baca artikel anti.
    kalau anti gak keberatan ana minta anti kirim info lewat email ana (kerenabis9@gmail.com).
    ana tunggu yach… sykuron jazkillah

    wslmkm..wr.wb.

  38. qori says:

    Assalamu’alaikum….

    @ bankit…. ga perlu kirim2 foto melalui email yach…. Antum liat aja FB ana di Qori_hasanah@yahoo.com nama Ana QORIATU…kan disitu ada foto ana….

    Syukron yach…

    Wassalam…

  39. qori says:

    :smile: :smile:
    Assalamu’alaikum….

    Akhi….Ukhti…..ana mau kasih kabar gembira nech…
    Masih ingetkan tentang tante ana yang pernah ana ceritain …Tante ana akhirnya sudah di KHITBAH dan ga jauh2..calonnya adalah sahabat ana sendiri dan Insya Allah mereka akan menikah Tanggal 1 Mei 2010… Ana Mohon Do’a nya yach…

    Syukron…..
    Wassalam….

  40. casya says:

    :smile: aku ingin dan siap….

  41. bankit says:

    ukh casya.. syukurlah klo sdh siap…, tinggal byk berdo’a kpd Alloh dn byk mnjga hati… mudah2an Allah beri kemudahan dn teguhkan hati utk ttep istiqomah di jln-Nya. semoga sma asa, cita, dan cinta mnjadi knytaan ..Amin…

  42. dwik says:

    siap siaplah semua segera menikah

  43. mila says:

    asslm….aku ingin sekali cepet2 menikah…tapi aku bingung.., calonku belum siap,,,pdhl dia udah kerja,,,da aku skrg lg menunggu yg ga pasti…..ya Allah…berikan aku petunjuk…

  44. maghfirah says:

    assalamu’alaikum…..
    smoga nanti allah memberikan aq jdoh yg sholeh,dan bisa mnjadi imam dlm kluarga….
    juga bisa membentuk kluarga yg sakinah,mawardah dan warahmah…….aminn….

  45. Aqiqah says:

    stelah saya baca blog ini,saya merasa mendapat pencerahan… ternyata apa yg kita iginkan belum tentu kita sia buat kita jalanin… trimakasih… ni sebuah pelajaran berharga bwt Q

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>