Nasihat untuk calon Suami-Istri

Nasihat ini mengajarkan pada calon suami-istri untuk bisa mempelajari kenyataan hidup bahwa kebahagiaan bahtera rumah tangga hanya bisa digapai dengan pergaulan yang baik dan lemah lembut antar keduanya. Pergaulan yang baik akan mampu menghantarkan pasangan suami intri kepada masa – masa bahagia dan kehidupan yang menyenangkan.

Nasihat Untuk Calon Istri

Jagalah kemuliaanmu. Jangan pernah kamu menyakiti ayah dan ibumu. Bila kau menikah, maka hormatilah suamimu dan hargailah ucapannya. Jaga kehormatan suamimu karena engkau adalah laksana pakaian baginya yang mampu menampakkan kebaikannya dan menutupi kekurangannya. Pergunakanlah waktu kedatangannya dari pekerjaannya. Jadilah kau orang yang menyenangkannya dengan senyum dan kasih sayangmu padanya. Jangan pernah kau durhaka pada suami dalam keadaan apapun, khususnya di saat ia sedang dalam kondisi sulit. Ingatlah, wanita dikatakan sebagai golongan yang paling mudah mendapatkan surga sekaligus paling mudah mendapatkan bagian neraka. Mudah baginya memasuki surga karena dia hanya perlu berbuat kebaikan dan taat kepada suaminya dan mudah baginya mendapat balasan neraka apabila ia mendurhakai dan menghina suaminya sendiri. Oleh karenanya, peluang inilah yang harus kau rebut dengan taat dan menghargai suamimu. Keras kepala dari kedua belah pihak hanya bisa diselesaikan dengan pemutusan hubungan suami isteri dan itu sangat tidak baik untukmu. Edifikasikan keluarganya dengan semua yang baik. Hormatilah ibunya dan ketahuilah bahwa ia tetap menjadi ibunya walau ia kini telah menjadi suamimu. Allah telah mewajibkan suamimu untuk tetap taat kepada ibunya dan mencintainya dengan tulus sebagaimana kelak anak keturunanmu pun diwajibkan hal yang sama terhadapmu. Hormati pula ayahnya dan jadikanlah ia laksana ayahmu.

Anak – anakmu adalah bagian dari tubuh dan darahmu. Jadikanlah prioritas utamamu untuk dapat merawat mereka dengan penuh kasih. Jadikanlah pula mereka generasi yang bahagia dan mencintai negerinya dan keluarganya. Engkau adalah ratu di rumahmu dan kau mengendalikan kerajaan kecil di rumahmu. Karenanya siapkanlah kemampuan hingga kau mampu menanggung amanat tersebut dan kaupun kelak mendapatkan keridhoan Ilahi.

Nasihat Untuk Calon Suami

Jadilah kau raja di rumahmu. Cintailah isterimu dengan tulus dan jadikanlah ia sebagai ratumu. Buat ia bangga menjadi permaisuri di kerajaanmu dengan berlandaskan cinta kasih dan ketaatan kepada Allah SWT. Berikanlah dirinya makanan yang cukup dan persembahkan untuknya beragam jenis pakaian. Belikan untuknya minyak wangi karena wanita menyukai minyak wangi. Buatlah dirinya bahagia selama kau hidup dan berilah nafkah yang baik dan halal untuk isteri dan anak – anakmu.

Sesungguhnya seorang istri laksana cermin bagi suaminya dan menjadi bukti akan apa yang diusahakannya dalam mencapai kebahagiaan ataupun kesengsaraan. Engkau adalah laksana pakaian baginya yang mampu menampakkan kecantikan diri dan pribadinya serta menutupi setiap kekurangannya. Jangan terlalu keras dalam rumah tanggamu karena isteri diciptakan dari tulang rusukmu, bagian dari dirimu. Tulang rusuk berada di tempat yang terlindung sehingga isterimu pun ada untuk kau lindungi. Sebagaimana tulang rusuk yang bengkok, berwasiatlah yang baik terhadap isterimu karena jika engkau keras dalam meluruskan maka ia akan patah dan jika engkau biarkan maka selamanya ia akan bengkok.

Engkau adalah imam dan pemimpin dalam keluarga sehingga berilah contoh yang baik. Sikap lemah lembut akan mampu menggetarkan hati wanita disaat ia melakukan suatu kesalahan ataupun saat ia melakukan satu perbuatan buruk. Berikanlah apapun yang diinginkannya selama kau mampu mewujudkannya. Berikan pula padanya kesenangannya hingga ia pun akan menyenangkanmu dan membuatmu bahagia. Bila tidak demikian maka hidupmu akan hancur berantakan. Dekatkan dirimu kepadanya dan panggillah dirinya dengan panggilan yang menyenangkan. Ingatlah, sebaik apapun istri yang Allah kirimkan untukmu, kalau pikiranmu sibuk membayangkan tentang kekurangannya maka engkau akan dapati kekurangan dan keburukan sebanyak yang engkau sanggup untuk mencatatnya. Akan tetapi jika engkau menyibukkan diri melihat kelebihan dan kebaikannya, maka engkau akan dapati kebaikan sebanyak yang ada pada dirinya dan itu akan membahagiakan hidupmu. Oleh karena itu, hormatilah dirinya dan tunjukkanlah rasa kasih sayangmu yang konsisten.

Disamping itu, sayangi dan hormati orang tuanya sebagaimana orang tuamu sendiri. Kemudian jangan sekali – kali membuat ibumu marah kepadamu karena rintihannya akan langsung didengarkan oleh Allah dan kaupun akan mendapatkan hukuman – Nya.

Source : Unknown.

This entry was posted in Tentang Pernikahan. Bookmark the permalink.

38 Responses to Nasihat untuk calon Suami-Istri

  1. Joko says:

    pas banget untuk sy saat ini [yg lom merit]

  2. kiki says:

    assalamualaikum …

    sebelumnya sorry ya mas…, soale postingannya tak jadi rujukan buat bahan obrolan dengan temen 2 …he2..abisnya bagus banget jadi referensi buat kita yang belum nikah…:oops:
    semoga ntar kalo nikah bisa jadi keluarga sakinah insya allah..
    o iya salam kenalll….

  3. iqbal_ir says:

    Alaykummussalam wr wb.
    Silahkan dilihat, dibaca dan boleh di forward. Syukur kalau dicantumkan rujukannya… :)

    Amiinn. Semoga membantu menjadikan keluarga yang samara, Insya Allah. :)

  4. nuning says:

    Enak di baca soalnya sy mo nikah. Sekarang sy banyak bdoa spy bs nglaksanain smuanya.

  5. Lucky says:

    Thanks untuk sharing nya … Mudah2 berguna :D

  6. dwi says:

    BAgus juga buat orang yang sedang persiapan……

  7. anidar says:

    terima kasih atas nasehatnya…doa kan kami semoga bisa mencapai tujuan :smile:

  8. dhurrotun nazia says:

    jadi 1 palajaran yang sangat berharga buat gw yang baru aja menikah

  9. kejora says:

    ^:)^

    askm..:flower:

    waduh… indah sekali pesanannya donk..
    cocok bgt buat gue yg sdg dlm rncngn menikah..
    mudah2an gue dan bakal suami bhgia hndaknya…
    doain ya.
    mks deh

  10. memet says:

    Benar2 apik tenan nasehatnya semoga aku dapat mengamalkannya dalam rumah tanggaku amin…do’akan aku ya..:smile:

  11. asti says:

    artikel na bagus banget….smg bs menjadi referensi buat saya yang mau menikah…doaakn ya..smg saya dan calon suami saya menjadi kluarga yg sakinah, mawaddah dan warahmah..amin…maksih ya…:smile:

  12. myanti_jolie_anjani says:

    Duhhh artikelnya bagus – bagus tuhh…. aku mau dunk artikel tentang “surat untuk calon suamiku” ada di situs tentang pernikahan.com tapi aku gak bisa copynya kali aja aku bisa baca disini :smile: . BTW aku copy yah artikelnya… tank’s be4… Good luck yah :wink:

  13. adam says:

    semoga ana bisa menjadi yg pemimpin baik dalam rumah tangga ana kelak insyaalloh bentar lagi ana mau nikah mohon doanya ya….! :cool:

  14. Jatnika says:

    Ass. Nasihatnya bagus banget deh… thanks semoga bermanfaat, amin. ada satu hal yg ane mao share, untuk masalah minyak wangi, betul memang wanita suka minyak wangi, tapi dianjurkan oleh Rasulullah untuk wanita memakainya saat bersama suaminya saja dengan niat untuk menyenangkannya, ada riwayat yg menyatakn wanita tidak diperkenankan memakai wewangian saat keluar rumah karena bisa menarik perhatian laki – laki dan menimbulkan fitnah, untuk menjaga agar wanita tidak bad smell diwajibkan untuk menjaga kebersihan badan dan pakaiannya, bukan memakai wewangian. Mohon ditanggapi, semoga bermanfaat. :wink: :smile:

  15. Iqbal_Ir says:

    @Jatnika,
    Iya, saya setuju dengan anda. Saya pernah membaca buku tentang pernikahan yang menerangkan seperti yang anda jelaskan. :)

  16. ipit says:

    :angel: cucok bgt buat aku yang sedang merencanakan pernikahan. Semoga dengan nasihat ini kami bisa selalu rukun, saling menyayangi, serta menjadi keluarga yang sakinah , mawaddah wa rohmah…. Amin

  17. ipit says:

    :dream:

    CuCOk buangget buat aku yang sedang merencanakan merried.

    Semoga aja nasihat ini bisa membuat kami menjadi keluarga yang SAKINAH, MAWADDAH WA ROHMAH…
    AMIN…..!

  18. desty_Ariesta_brigade says:

    Assalamu’alaikum…
    Woaduuhhhh…. nasehatnya bikin gw merinding…. jadi pengen cepet – cepet ijab Qobul :smile: :smile: ….
    Gw gi nunggu Hari Bersejarah niyyy….. do’akan semua berjalan lancar yaaa……… :wink:
    Semoga gw and calsum bisa menerapkan “semua” petuah kang mas…. :hehe: …….
    Okeew!! Gudluck for U…..
    Wassalamu’alaikum….

  19. naya says:

    :blush: nasihatnya bagus bgt… jadi pgn sepet nikah ni (praktekin langsung lbh ok kyanya y)

  20. Reren says:

    Subhanalloh…
    Moga aQu and suamiQu bisa mngamalkannyaa……
    Amin.

  21. rizqi says:

    nikah… nikah, aku pengen nikah……… tapi :???:
    :smile: :hehe: :razz: :eek: :wink: :cool:

  22. Mulyadi says:

    thanks, smoga tulisannya bermanfaat untuk orang banyak
    khususnya ummat muslim dan mendapatkan amal jariah

  23. lilis says:

    mski ini tulisan udh lama bgt tp isinya benar2 bermanfaat untuk bekal klo ntar lilis nikah.

  24. ichoenx says:

    makasih brur…
    mo nikah nih…ambil tulisannya yah brur buat di undangan..bagsus soalnya..

    makasih banget..:)

    salam,
    Nurhedi

  25. nur says:

    =d> ..bagus nih untuk para muda mudi..

    semoga saja, dapat jodoh yang sejalan dan seiman,…
    amien.. :blush:

  26. abdillah says:

    wah bagus…
    cocok bwa ana dan kita smua yg ingin bahagia rmh tangganya…. :flower:

  27. Pingback: Nasehat Pernikahan 2 « My Blog

  28. Pingback: Nasehat Pernikahan 2 « Mayanas’s Blog

  29. Pingback: - Dengkul - | We’re Famz

  30. santi says:

    bagus banget…
    TQ atas artikelnya..
    cocok buat saya yg mo merid..
    mg bs mempraktek kannya

  31. Tira Manipa says:

    bagus banget
    lebih bagus lagi klo yang baca itu orang yang mau menikah dan jga yang tidak tau banyak ttg janji2 sprti itu, sperti saya nich ……….
    ah jdi malu sndri nie..
    tapi makasi ya atas tulisan nya..cox aku da nyontek tuk nyelesain tgas ku nie..

  32. wahyuni3 says:

    :smile: :smile: :smile:
    bagus nasehatnya, aku baca pakek hati…. huuuuf sangup gak ya????
    bismillahirohmanirohim… harus bisa…. insya Allah
    binggung bnget usia di bwah 20 th da ada yg ngajak merid :dream:
    ehm… smoga kami bsa.. amin :pray:

  33. aziza says:

    Wah saya tertoLong, syukron yah.

  34. Nennys says:

    Seandainya semua itu bs terwujud btpa indahnya pernikahanku suatu hari nanti…

  35. zamzam says:

    sayang nenek dan kakek tidak sempat menyaksikan pernikahan saya cukuplah buat anak-anak yang merupakan bagian dari tubuh dan darahku

  36. muhammed says:

    ass…….muaannntab buat gw,insyaallah bulan besok ijab qobul……. :

  37. mulyati says:

    Assalamualaikum wr wb…..artikelnya bagus utk persiapan pernikahan … doakn ya agar aku dpt jdh yg baik dan sejalan…..izin copas ya….seblmnya terima ksh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>