Penipuan dengan iming-iming hadiah

Tuuutt…. tuuuttt…. (Terlihat nomor yang tertera di layar handphone : +6285255177555)
Penelepon: “haloo, selamat pagi”
Saya: “Pagi”
Penelepon: “Selamat pagi pak. Saya dari Customer Service penyelenggara undian Kartu As Telkomsel. Kartu As bapak memenangkan undian Kartu As Telkomsel. Kami mengucapkan selamat atas kemenangan bapak karena mendapatkan mobil kendaraan roda 4 berupa Honda Jazz. Namun bapak harus menghubungi kepala divisi kami dan melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Mobil dapat diantar hari ini juga kerumah bapak. Boleh saya tahu nama, alamat dan data-data bapak ??”
Saya: “Ehmm… nama saya Achmad Budi” (Sekedar memberikan nama samaran saja)
Penelepon: “Baik pak Achmad Lubis” (Kemungkinan salah denger nih, jadi saya pura-pura mengiyakan saja). “Boleh saya minta nomor KTP bapak ?? tapi sebelumnya bapak harus menelepon kepala divisi kami untuk mendapatkan hadiahnya.”
Saya: “Oke pak, bisa minta nomor teleponnya ??”
Penelepon: “Nomornya tolong dicatat ya pak. Nomornya 0016 83227…..” (Penelepon memberikan beberapa nomor)
Saya: “Maaf pak, bisa disebutkan kembali nomornya ??” (Karena tadi kepala/prefix nomornya agak aneh, maka saya meminta diulang kembali.)
Penelepon: “…………”(Terdiam beberapa saat dan akhirnya) “tuuuuuutttttthhhh……” (Hubungan diputus…)

Begitulah kurang lebih percakapan via telepon seluler yang saya terima pagi ini. Bukan merupakan hal yang baru pembicaraan seperti itu, bahkan pada surat selebaran via mailing-list terdapat bentuk yang lebih extreme.

Kegagalan penelepon pada pembicaraan diatas adalah sang penelepon salah memberikan nomor telepon yang dimaksud. Bukan memberikan nomor telepon malah (mungkin) memberikan semacam nomor rekening. Penelepon bermaksud melakukan penipuan, tetapi salah dalam melangkah, akibatnya dia tidak berani melanjutkan karena takut tercium tindakannya. Penipuan jenis ini sangat banyak terjadi, selain dengan telepon biasanya juga dengan SMS, penipuan dengan memberikan surat telah memenangkan undian yang dikirimkan lewat surat kealamat rumah lengkap dengan cap dan logo perusahaan penyelanggara undian, bahkan penipuan yang terbaru seperti pembobolan kartu kredit.

Karena kedaan sudah sedemikian sulitnya, sehingga banyak orang yang melakukan kejahatan sebagai jalan pintas untuk menyelesaikan segala kesulitan. Sehingga kita harus semakin aware agar tidak menjadi korban. Berikut ini adalah beberapa tips menghindari penipuan yang mungkin dapat dipakai:

  • Selalu melakukan konfirmasi kepada penyelenggara undian jika anda memenangkan sesuatu. Karena penyelenggara resmi akan mengirimkan surat resmi dari perusahaan dan diiklankan pemenangnya juga melalui media massa baik cetak maupun elektronik.
  • Jika melakukan penipuan melalui telepon, catat nomornya. Perlu dicurigai jika menggunakan fiture “hide number”, menggunakan nomor selluler, atau menggunakan nomor telepon yang tidak bisa dilacak.
  • Jangan sekali-sekali memberikan data-data pribadi kepada penelepon tersebut. karena jika penelepon resmi tentu mereka akan mempunyai database customernya. Dan tentu tidak akan menanyakan kembali data-data customer lewat telepon.
  • Jangan pernah memberikan data-data seperti nomor kartu kredit, nomor ATM, nama lahir ibu kandung, nomor pin, nomor KTP, alamat, dll kepada penelepon
  • Pada penipuan dengan kedok keluarga yang kecelakaan, selalu lakukan konfirmasi ke Rumah Sakit dan Kepolisian untuk melakukan konfirmasi tentang kebenaran terjadinya kecelakaan.
  • Hati-hati dengan pada penipuan lewat internet. Setiap melakukan aplikasi e-banking pastikan link dan domain yang anda klik benar dengan yang diharapkan dan pastikan website tersebut mendukung aplikasi SSL (Secure Sockets Layer) dan melakukan encryption page pada website-nya. Hindari page/website dengan frame atau re-direction link. Periksa terlebih dahulu source code-nya.

Tips-tips lainnya, selalulah waspada. Gunakanlah selalu akal sehat dalam bertindak dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT semoga kita dapat terhindar dari tipu daya. :)

This entry was posted in Keseharian, Serba serbi. Bookmark the permalink.

29 Responses to Penipuan dengan iming-iming hadiah

  1. hanum says:

    Mau nipu..udah salah duluan ya :)
    Moga dapet Honda Jazz beneran deh…tp hadian beneran..bukan tepu2 :)

  2. achedy says:

    kalau aku yg sering pake SMS, terus ada yg kirim dengan nomor sembarangan, tapi bawahnya dikasih dari telkomsel 2222

    Waktu terus saya balas, kebetulan saya mempunyai nomor bulk sms yang bisa saya setting sesuka hati. Sendernya saya tulis 2222 dan saya kirim dengan isi SMS, kalau mau nipu mbok yang agak profesional dikit :)

  3. Rara says:

    Ass. Udah lama ngga mampir, wajah baru.. Saya mo dibantu ganti lay-out dong Mas.. :smile:

    Cerita penipuan macem2 aja ya, kalo temen kantor saya hampir kena diminta uang beli alat kedokteran, katanya suaminya kecelakaan di Palembang dan kritis. Yg bikin stres, keluarga kan panik krang-kring ke ktr, saya aja ikutan sedih.. Pas, saya dicek k RS di Palembang, tnyata ngga ada pasien kecelakaan. Untungnya slamet ngga jd kena tipu.

    Mas ijin link ya (ngga diijinin jg udah di-link:grin:)wong wis lama bgt aku link. Makasih ya.. Wass.

  4. cupla says:

    wah, sekarang kudu ati2 aja… aksi penipu dah mulai pinter lho, sekedar ngingetin aja…klo dapet sms meskipun sendernya TELKOMSEL (karena ada oknum yg punya websitenya) lebih baik konfirm dulu ke ktr pelayanan terdekat.
    Padahal dari operator sdh kampanye lho, tapi kadang masi ada yg terlewat.
    Smoga aja penipu2 itu bisa sadar… kadang gemes banget sama aksi mreka

  5. iqbal_ir says:

    #Hanum,
    Amiinnn… mudah2an kesampaian… :)

    #Cak Edy,
    Waahh saya juga sering banget dapet SMS spam spt itu cak, ngga professional banget memang… :D

    #Rara,
    Boleh dibantu buat lay-out baru mba… mau spt apa tampilannya..??
    wahh boleh banget di link mba, jadi tersanjung… :oops:

    #Cupla,
    Bener banget, coba deh di confirm dulu… jangan sampe tertipu y… :)

  6. DOZ says:

    To: Achedy
    Ajarin donk caranya :mrgreen:

  7. sora says:

    saya juga kena tp pake telepon….
    Serem juga Sih kata nya dari ada acaRa TELKOMSEL di Global Tv. Pas TelePon Ke Global Tv katanYa peNipuaN mekanya….Kudu ati2….ya jangan ketipu dengan imIng-Iming hadiah…..:smile:
    Oce!!!!:cool:
    PenJahat Punya banyak Waktu Luang buat ngeboongin orang…
    Nb: Tau call service telkomsel nggak?
    Kalau tau kirim ke sherly_merines@yahoo.co.id

  8. Syifa P says:

    Waktu itu saya dikirimkan sms berisi :
    “Selamat anda memenangkan poin hadiah Telkomsel berupa mobil. untuk Info Silahkan telefon ke Pt Telkomsel ke nomor : ……….:hehe:”
    Saya bingung. Maklum saya masih tergolong anak anak waktu itu:razz:. Akhirnya saya tanyakan pada ortu saya. Ortu saya menelpon No asli Telkomsel ( Bukan no di atas tadi.) Ternyata…?!?!:eek: itu hanya penipuan. Untung saja saya tidak tergiur hadiah itu.:wink:

  9. ambo says:

    :razz: :???:alah tatipu den

  10. ambo says:

    :whistle: :blush::-wsay lagi enak2 bawa motor eh ada telepon daqri nomor 081331670775, katanya selamat anda mendapatkan sebuah undian mobil silakan hubungi bos kami nomornya 0016281342556567, huh setelah dihubungi, katanya, ini siapa, trus saya bilang kan bapak yang nyuruh nelpon kesini, setelah saya telepon dan kemudian saya agak percaya, pas dia nyuruh nekan x#06# eh kiranya nomor seri hp.katanya sih no,seri pengambilan hadiah, setelah saya liat diinternet kiranya nomor seri hp saya, uh kurang ajar bangat saya udah banyak habis pulsa buat nelpon, moga2 penipu itu akan mati ditabrak kerreta, atau ditusuk,gua gak akan maafin.

  11. vika says:

    Barusan saya juga ditelp. Dia mengaku2 dr telkomsel & ktnya sy memenangkan uang 34 juta. Katanya acaranya disiarkan di global TV & disaksikan Fauzi Bow… bla.. bla… lengkap dg pengisi acaranya.

    Telpnya lumayan lama karena sy tanya dimana sy bisa liat pengumuman resminya, dia mengelak terus.

    Udah gitu, kyknya tuh org ga berpendidikan tinggi deh… Masa nyebutin website telkomsel aja dia ga lancar.

    Duh, yg kyk gini psti penipuan kan??? Bikin senewen aja…
    Enaknya dilaporin kemana ya… No HPnya tercantum kok.

  12. malaikat says:

    Namanya penipuan ujung2nya duit, dari kelas teri sampai kakap caranya macam2 meraup uang haram
    Cara polisi/jaksa/hakim/dpr/eksekutif akan lain dengan tukang copet bus kota atau maling ayam !!!

  13. Jien says:

    Sekarang nipunya ga pake sms ,tapi langsung telepon biar calon korbannya percaya. Untung saja sudah tahu modusnya, sehingga waktu nomor 081210719105 menelepon dan ngakunya dari telkomsel lgsg sj ditutup karena cuman menghabiskan waktu saja

  14. mamet7tea says:

    skrang mank banyak penipu :)

  15. jeffrey says:

    hari ini saya sdah kn tipu
    saya d telp seseorang yg mengaku dr telkomsel,dia blg bhwa saya dpat hadiah undian telkomsel sbsar 10jt.dengan iming iming itu sya lgsung d hubngi trus dan menyuruh saya k atm terdekat utk mentrfer uang, k rek yg tidak sya tau,tapi anehnya ntah kenapa saya nurut sj apa kata dya.jdnya setelah semua terkirim katanya hadiahnya akan sgera masuk k rek saya.tp stelah sya tunggu2 ternyata g da apapa, sya bru sdar klo sya dah tertipu dan mgkin kn hipnotis.

  16. ndok says:

    wah sama neh aq dapet sms aneh sama ama no castemer e XL 818 Tp ak ktipu ternyata 8I8 wah melayamg dah uang 1.4jt modusnya dengan cara suruh masukin no hp 5angka belakang eh ternta transfer jga ampun ampun

  17. joe says:

    thaks ya atas infonya.gue jga bru kena penipuan kayak gini!untungnya bisa ngecek di internet jadi bisa ngerti :smile:

  18. munir says:

    barusan saya dapat telpon yang sama….
    dgn no tepon : 081342229900 mengaku dengan nama Drs. Edy Gunawan.
    Si penelpon (Bp Edy gunawan) ini mengatakan bahwa no telpon saya (disebutkan dengan benar) memenangkan undian dari telkomsel yang di tayangkan di Global TV pukul 22.00 WIB.
    Si penelpon mengatakan bahwa saya memenangkan sebuah kendaraan roda 4. dan menanyakan apakah kendaraan ini dikirimkan ato disumbangkan ke yayasan. saya bilang aja dikirm aja pak…
    si penelpon mengkonfirmasi bahwa saya ingin hadiah itu dikirimkan ke alamat saya…. kemudian dia menyuruh saya untuk menghubungi bagian pengiriman hadiah dgn no telpon 0016281355290777 atasnama Drs. H. Hari santoso. yang mana akan mengirimkan hadiah tersebut via pesawat TNI au Boeing 737.
    si penelpon mengkonfirmasi saya untuk telpon no tersebut begitu pembicaraan terputus..
    setelah terputus saya tidak menghubungi no tadi… (karena tidak bebas pulsa)
    selang 1 menit kemudian no 081342229900 menelpon lagi menanyakan apakah saya sudah menghubungi no tadi, saya jawab aja kalo saya lagi nunggu pulsa masuk karena pulsa saya habis…
    si penelpon menanyakan kira-kira berapa lama lagi saya menghubungi no tadi, saya jawab aja 5 menit lagi…
    5 menit kemudian no itu telpon lagi, kali ini tidak saya angkat.
    sampai beberapa kali tapi tetep saya angkat (risih juga)…
    karena kebetulan gerai telkomsel deket rumah, saya dateng aja kesana minta klarifikasi no yang menhubungi saya…
    tepat di gerai no itu telpon lagi…. saya suruh aja pihak telkomsel langsung yang terima…
    begitu di terima pihak telkomsel, telpon langsung dimatikan…

    modus diatas jelas merupakan penipuan berkedok undian berhadiah.
    si penelpon berusaha untuk mendapatkan data diri kita, bahkan untuk mendapatkan keuntungan dari kita.
    no. 0016281355290777 adalah 081355290777
    (00162) : kode negara indonesia

    konfirmasi dari pihak telkomsel…
    memang ada undian dari telkomsel yaitu “telkomsel poin”
    1. yang akan di tiap periode…(saat ini periode januari – maret 2010)
    2. pemenang akan dihubungi pihak telkomsel untuk konfirmasi
    3. pajak undian ditanggung oleh telkomsel
    4. telkomsel tidak pernah meminta pembayaran apapun dari pemenang.
    5. untuk informasi lengkap hubungi 111 dari HALLO dan 116 dari Simpati dan As (bebas pulsa).
    pihak telkomsel biasanya menghubungi hanya untuk konfirmasi.
    untuk pengambilan (serah terima) hadiah di gerai telkomsel di kota yang bersangkutan tinggal. jadi pemenang hanya datang ke gerai untuk mendapatkan hadiah.

  19. Miya says:

    Iy td pagi gue jg di telp seorg bapak2 ngaku2 dr telkomsel n pake telp 081…gt mgatakan saya mmenangk undian 10 jt minta no rekening,yh no rekening siapapun boleh aja.Gila bgt org tu eman gue bego apa,zaman gt mana ad yg pcaya.Klau eman dr telkomsel mana ad acara pake no 081…bego bgt ketara bgt amatiran boongny srg pjm no rekening org laen sgala,gila apa eman dia pikir no rekening bs di pjm2 apa!

  20. Phei says:

    Phei says: Iy td pagi gue jg di telp seorg bapak2 ngaku2 dr telkomsel n pake telp 081…gt mgatakan saya mmenangk undian 10 jt minta no rekening,yh no rekening siapapun boleh aja.Gila bgt org tu eman gue bego apa,zaman gt mana ad yg pcaya.Klau eman dr telkomsel mana ad acara pake no 081…bego bgt ketara bgt amatiran boongny srg pjm no rekening org laen sgala,gila apa eman dia pikir no rekening bs di pjm2 apa!

  21. arya says:

    ternyata udah banyak yang di telfon …jumat april 10.gue juga di telfon (081339707942) kataya sih dari telkomsel saya dapat undian motor jupiter mx,yang di siarkan rcti jam 12 malam, dia bilang hadiahya mau di sumbangkan ke yayasan yang membutuhkan atau mau terima sendiri ku bilang ku lagi membutuhkan and mau terimah sendiri..terus di putus ma dia…munkin cape ngomong dy so ngomongnya sangat hati2/ penipu baru..
    jadi jangan gampang percaya sekarang.!

  22. cahya nirwana says:

    kalo saya lebih cenderung bertanya pada customer langsung kalo dpat sms undian yang berhadiah , al nya jaman sekarang ada ada saja orang yang nyari duit pake jlan pintas

  23. laniwati says:

    pagi2 ini juga saya hampir kena juga, tapi itu sih caranya yang beda, katanya selamat anda telah memenangkan hadiah di urutan ke 4 dengan hadiah 35 juta yang ditayangkan semalam di trans 7, ibu menonton ga malam?, saya langsung jawab tidak, lantaran memang saya tidak menonton.terus dia bilang sekarang hadiah dikirim langsung ke rumah anda dengan di kawal 5 orang , 2 orang dari kepolisian, 2 orang dari team dia dan 1 orang wartawan, tolong katanya sediakan amplop putih, ktp asli dan membeli vocher gosok seharga 100 ribu kalau sudah beli silahkan telp balik katanya, tapi saya jawab soal vocher tidak usah susah2 membeli, vocher sudah tersedia karena saya memang membuka counter HP, eeh malah dia ngotot supaya diisi kartu baru, saya tanya sama yang jaga di counter, jangan katanya itu seh penipuan, 3x hp ku berdering saya biarkan saja tida di angkat, ga tahu model apa lagi tuh cara baru nyuruh beli nocher yang 100 ribu, no si penlp ada saya simpan. :smile: :smile:

  24. sHe_HeRaY.94 says:

    :hehe:

    ntar gw balezz dh tlponnye………!
    gw maki” tu penipu………!

  25. vely says:

    cerita gw bener2 sama ama yg dialamin si munir, nama penelpon sm si bpk hari santosonya,
    gw br aja kelar ujian, lg pusing2nya pas ditelpon, berhubung ga da kerjaan lg di kampus, ya gw ladeni aja..
    dia ngoceh2 puaaanjang, trus gw cm bilang iya…iya..iya.. doang..hahaha
    smpe berkali2 dia bilang,
    “mbak ini bukan penipuan loh..”
    lanjut lg gw cm bilang iya..iya..yayaya…doang..
    gw catet itu jg krn lg pas bgt megang pena ama kertas diktat2 kul (abis kelar ujian nh crtanya..:)),
    yg bodohnya tuh org, masak pas gw bilang, “yaudah..tar gw samperin ktr telkomsel pusat, dket jg dr kampus”
    trus..dy lgsg bilang “jangan”.. ktny ntar hadiah gw diambil org..
    huahahaha.. makin ga jls aja nh orang..
    “yaudah ya pak, males gw.. kalo mo nipu yg profesional napa!.”
    tut…tut…tut… lgsg gw matiin deyh..zzZZ.. :razz:

  26. Pingback: ~ Iqbal Ir ~ » Blog Archive » SMS-SMS Penipuan yang sudah melanglang buana

  27. dankia says:

    hari ini Sipenipu muncul menggunakan no HP pribadi 085325476994, no HP customer service 0016 282343547767 Hati – hati ya… abaikan saja … !!

  28. sherly says:

    barusan gw juga dapet sms dr blackberry tapi setelah gw contac nomornya katanya salah sambung .. padahal itu rekomend dr smsnya sendiri .. smsnya sms resmi tuh bukan sms pesan singkat gitu .. tau dah benr apa kagag ..
    ktanya ntar mau disiarin ditrans tv jam 21:30 .. kita liat aja ntar ,,
    dapet honda jazz katanya .. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>