Membangun rumah: Desain arsitek vs Desain rumahan

Rumah ImpianJika anda ingin membangun rumah, tentu anda ingin rumah yang sesuai dengan keinginan dan rancangan yang anda inginkan bukan…??

Masih membahas tentang rumah, pada tulisan sebelumnya saya pernah memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana membuat desain rumah anda dengan tool yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat mendasain rumah seperti apa saja, baik dengan bantuan jasa arsitek ataupun anda bisa menggunakan desain rumahan. Kenapa saya menyebutnya desain rumahan…? Karena di desain sendiri, hasil dari produk rumahan maka saya menyebutnya desain rumahan. Begitu kira-kira… :D

Berikut ini saya berikan sedikit gambaran tentang beberapa poin keuntungan kerugian dari kedua hal tersebut:

  1. Segi ekonomis: Mendesain rumah sendiri tentu memiliki keuntungan ekonomis yang lebih besar dibandingkan anda menggunakan jasa arsitek. Anda tidak perlu merogoh kantong jika anda mendesain rumah sendiri bukan…? Besar kecilnya nilai ekonomis tersebut bergantung dari keinginan yang ingin anda capai. Desain rumah yang saya buat menggunakan desain saya dan keluarga, dan kebetulan saya tidak pernah menanyakan jasa arsitek dalam pembuatan rumah yang saya bangun. Jadi saya tidak tahu berapa besarnya kisaran tarif jika anda menggunakan jasa arsitek.
  2. Segi praktis & efisien: Mendesain dengan jasa arsitek tentu memiliki segi praktis dan lebih efisien yang lebih ketimbang anda mendesain sendiri. Jika anda tdak ingin repot, anda dapat menggunakan jasa arsitek. Mengingat dalam hal membangun bangunan seperti ini adalah memang pekerjaan yang dilakukan oleh arsitek, maka anda dapat sekali mempercayakan kepadanya. Anda tentu tinggal memberikan gambaran dan ekspektasi yang anda inginkan sesuai dengan lahan yang tersedia. Selebihnya biarkan arsitek yang mendesainkannya untuk anda.
  3. Segi kreatifitas: Jika anda memiliki kreatifitas yang cukup, ide-ide anda dapat anda tuangkan dalam desain yang anda rencanakan. Bagi yang anda yang membuat desain sendiri, kreatifitas tersebut dapat sepenuhnya anda tuangkan dalam desain yang anda kerjakan sendiri atau di kolaborasikan dengan ide-ide dari keluarga yang membantu pembangunan rumah tersebut. Jika anda menggunakan jasa arsitek, semua ide-ide anda juga dapat anda tuangkan bersama dipadukan dengan ide-ide dari sang arsitek.

Hal tersebut diatas yang menurut saya sedikit banyaknya perlu dipertimbangkan dalam hal mendesain rumah. Pertanyaannya kemudian adalah hal apa saja sih yang perlu di desain…? Apakah sulit jika anda mendesain sendiri…? Kemudian apa saja sih yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa desain arsitek…? Pertanyaan tersebut akan saya uraikan satu persatu.

Hal apa saja sih yang perlu di desain…?
Yang paling penting anda desain tentu gambar lay out desain rumah (bangunan utama) dari lahan yang ada. Gambar di desain dan disesuaikan dengan lahan yang ada. Anda juga perlu membuat skala yang sesuai agar cocok ketika akan dibangun.

Jika anda ingin mendesain hal lain juga boleh untuk bangunan sekunder juga boleh. Atau untuk desain lain seperti desain taman, penempatan tata letak jalan, septic tank, perembesan air, desain kelistrikan, pembuangan air kotor dan air hujan, saluran pembuangan dan lain sebagainya.

Apakah sulit jika anda mendesain sendiri…?
Setiap orang tentu akan menjawab hal ini berbeda-beda. Tidak setiap orang memiliki jawaban yang sama. Jika pertanyaan tersebut ditujukan kepada saya maka saya akan menjawab “tidak terlalu sulit kok”. Demikian menurut saya. Anda tentu dapat saja tidak sependapat dengan saya. Boleh-boleh saja, tidak apa-apa kok.

Kenapa saya memberi jawaban seperti itu tentu ada alasannya. Seperti yang pernah saya uraikan di tulisan sebelumnya, anda dapat menggunakan alat bantu dalam membuat desain sendiri. Alat bantu tersebut semisal Visio Technical atau semacamnya. Menggunakan alat bantu tersebut sangat mudah karena tinggal drag and drop saja dalam lay out yang anda kerjakan. Mudah bukan…? Jika anda menguasai AutoCad, tentu anda akan lebih mudah mendesainnya, karena alat bantu ini dapat mendesain sampai bentuk 3 dimensi.

Jika anda mendesain sendiri, coba anda perhatikan juga pengkondisian sirkulasi udara dan arah sinar masuk cahaya. Hal ini penting agar anda memiliki rumah yang sehat dan dan udara yang segar dan bersih.

Kemudian apa saja sih yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa desain arsitek…?
Jika anda menggunakan jasa arsitek, yang paling utama anda tentu menginginkan desain bangunan utama. Tentu ini yang paling penting bukan…? Disamping itu anda juga dapat memintanya mendesain hal lain seperti berikut:

  • Desain atap (Genteng)
  • Desain posisi rumah keseluruhan termasuk taman dan jalan
  • Desain rumah tampak depan, samping, atas dan belakang
  • Desain kelistrikan termasuk penataan lampu dan saklar
  • Desain saluran air kotor dan air bersih.

Tentu dengan semakin banyak desain yang anda minta kepada sang arsitek akan semakin besar biaya pembuatannya juga.

Jadi setelah uraian mengenai desain rumah ini, mana yang akan anda pilih. Menggunakan jasa arsitek atau desain sendiri hasil produk rumahan…??

Update (24 Des 2007): Karena banyaknya permintaan dari pengunjung untuk mendesain rumah dan karena keterbatasan waktu yang dimiliki penulis, maka dengan sangat berat hati saya tidak dapat memenuhi semua permintaan dari pengunjung. Bagi teman-teman yang dapat membantu memenuhi permintaan pengunjung lainnya yang membutuhkan, silahkan menghubungi pengunjung tersebut melalui email yang ditinggalkan dibawah. :)

Baca juga diskusi masih tentang rumah disini.

Bagi anda penyedia Jasa Arsitek murah, penyedia bahan dan material pembangunan rumah, pemborong atau kontraktor yang berminat untuk memasang iklannya pada tulisan ini silahkan menghubungi penulis.
[Iklan yang ditampilkan dapat berupa grafik atau static link]

This entry was posted in Keluarga, Keseharian, Opini, Rumah mungil. Bookmark the permalink.

276 Responses to Membangun rumah: Desain arsitek vs Desain rumahan

  1. abu says:

    Pak Iqbal saya mo tanya saya mo bangun rumah dengan ukuran tanah 7×11, 7 Meter itu tampak depan, dan rencana saya mo bangun 2 lantai, mohon saran lebih baik pakai bata apa hebel?dan lebih irit mana dari segi dana dan matrial dari kedua tersebut. saya punya budget 50 jt kira2 itu cukup tidak ya..? lantai bawah akan saya jadikan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur, sedangkan lantai 2 saya jadikan kamar-kamar untuk KOST (kira2 kamar kost itu ukurannya berapa x berapa ya? ) dan tempat jemuran. mohon solusinya.

    terima kasih Pak Iqbal

    Abu

  2. joni priyanto says:

    pengasuh rubruk yang terhormat
    saya punya tanah ukuran 11 X 15 m saya ingin rumah ini sekalipun kecil tapi kelihatan mewah, dan saya minta tolong dikasih model sekarang + dengan ukuran akuratnya. Trims!

  3. indra says:

    :smile:
    Mas,mbak saya mempunyai tanah siap bangun dengan ukuran 11×13 tepat paling pojok,mohon dibuatkan denah dlm ruangan,gambar depan,trims

  4. annie says:

    Assalamu’allaikum,,,
    Mas Iqbal salam kenal ya…
    Melihat blog ini saya ingin b’gabung..
    Gini saya punya rumah type 36, luas tanah 125m2. Lokasinya di perumahan
    posisi rumah pojok tikungan pertigaan dalam perumahan
    saya ada rencana utk merenovasi rumah tsb….tapi bingung!!!!
    Mungkin Mas Iqbal bisa bantu utk design nya
    Saya ingin.
    1 kamar tidur utama kamar mandi di dalam
    2. 2 kamar tidur anak kamar mandi dalam
    3. 1 kamar tidur tamu
    4. taman belakang
    5. ruang keluarga (satu area dengan dengan R. Mkn)
    6. Taman depan
    7. Garasi
    8. 1 ruang audio/mini home theater
    9. Ruang mkn
    10. Dapur (yg bs langsung terhub dg R. Mkn)
    11. Mushola
    12. 2 kmr mandi
    10. Pentry
    12. Ada kolam ikan kecil dkt R. keluarga + udara terbuka
    13. 1 kmr pembantu + kmr mandi pembt (berdekatan dg R. strika + cuci)

    Dmkian, mhn Mas membantu sy utk desain yg cocok, aga rmh kami dpt cukup udara dan cahaya yg msuk dan tdk terkesan sempit. Terima kasih atas bantuannya, mhn gbr/desain dikirimkan ke a/l email saya.
    aandy_828@yahoo.com OR yuliet_828@yahoo.com

    Makasih buanyak ya Mas…
    Annie

  5. DIDI BUDIMAN says:

    Pak, mohon dibuatkan denah untuk rumah berukuran 7×12 m2 dengan bentuk rumah ,imi,alis. trims

  6. Tri Budihastuti says:

    Selamat Pagi Pak Iqbal,

    Pak, rencana saya ingin bikin bangunan sederhana ukuran 18 x 6 meter dengan rangka baja ringan dan kayu. Rencana untuk kantor sederhana. Kira2 berapa jumlah pekerja yang saya perlukan kalau saya ingin bangunan selesai dalam waktu satu bulan.

    Terimakasih

  7. rrobidin says:

    haloo…lam kenal dulu,tolong di bantu donk saya mau buat rumah tapi di depan ada tokonya ukuran tanah saya 10×7 saya bingung harus gimana.sementara tokonya 2,kamar 2,ruang tamu,ruang tv,dapur,kamar mandi,sama tempat solat.tolong donk solusinya saya tunggu trimakasih.

  8. M. junaedi says:

    mas iqbal mohon bantuannya ya…..sebelumnya terima kasih.
    saya berniat membangun toko,rumah dan bengkel, ditanah ukuran 5m x 22 m, rencana yang depan buat toko, tengah buat rumah, belakang buat bengkel. profesi saya sebagai tehnisi mesin fotokopi.sebagai gambaran, tanah menghadap kejalan utama 5m,tolong dibantu y mas… …

  9. accung says:

    Ass…
    Hallo Pak Iqbal saya minta saran untuk model sebuah rumah. Rencananya saya mau bangun rumah dalam bulan ini dengan model minimalis modern. Luas tanah : 6×12m.
    Ruangan-ruangannya antara lain :
    1. Ruang tamu
    2. Ruang keluarga
    3. Kamar tidur tamu
    4. Kamar tidur utama lengkap dengan kamar mandi
    5. Kamar tidur anak
    6. Dapur bersih dan dapur kotor
    7. 1 kamar mandi berdekatan dengan dapur
    8. Ruang makan
    9. Ruang keluarga
    10. 1 kios depan
    saya amat pusing pak ikbal harus bagaimana cara gambar ya dan istri saya kurang puas dengan hasil gambar saya,tapi saya buka situs pak ikbal oh ya saya memang puas dengan hasil model rumah yang saya lihat dan selebihnya saya percayakan kepada bapak ikbal dan juga minta denahnya dan saya akan tunggu…………..
    terima kasih sebelumnya..
    tolong balas ke email saya accung2009@gmail.com

  10. aeps says:

    as……..
    mas iqbal tolong minta saran,saya mau bangun rumah, ukuran tanah 91m2.panjang 15 m, lebar belakang 7m,lebar depan 4,3m.jadi tanah nya nyerong :hehe: . sy mau 2 kmr tidur,2 kamar mandi (1 kmr mnd di dlm kmr tdr utama),dapur,ruang tamu+keluarga.ada taman nya di belakang,trus kalo bisa ada tmpt parkir mbl.mungkin segitu aja.terima kasih sebelumnya

  11. lasmini says:

    haloo…lam kenal dulu,tolong di bantu donk saya mau renovasi rumah ,yang saya butuhkan teras depan dan ruang tamu serta 2 kamar anak di atas ,karena rencana saya di dak ukuran tanah saya 10×7 saya bingung harus gimana. oh ya tempat solat juga .tolong donk solusinya saya tunggu trimakasih

  12. M. junaedi says:

    mas iqbal pengennya untuk rumahnya tampak lebar+ada sirukulasi udara. jadi ada penghubung antara ruang pan sebagai toko kemudian rumah + bengkel dibelakang rumah. mengingat bengkel tidak memakan tempat.terima kasih sebelumnya mas iqbal bantu saya :smile:

  13. imam tihari says:

    lam kenal seblmnya, gini mas igbal saya mempunyai masalah dengan saluran sepiteng rumah kami. kamar mandi yang ada dikamar utama itu closednya mengeluarkan bau yang tidak sedap sekali. Padahal sepiteng dengan kamar mandi itu jaraknya hampir 10 meter. sebelumnya saluran pipa yang ditanam dibawah tanah juga sudah di check airnya mengalir lancar. apa kira2 yang meenyebabkan bau itu bisa keluar ?? terima kasih atas bantuannya.

  14. ISMAIL says:

    saya punya tanah dengan luas +- 90 meter persegi dengan ukuran detail sbb: panjang depan 9 meter, lebar sisi kiri 11 meter, lebar sisi kanan 8 meterm, bangunan yang saya inginkan adalah sebagaiberikut :
    Kamar tidur 3, ruang tamu, dapur, ruang keluarga, halaman rumah, ada kamar mandi disetiap kamar tidur.
    saya minta tolong untuk dibuatkan denahnya.

    terimakasih sebelumnya,

    trims
    ismail

  15. askar says:

    dear Iqbal,

    mohon batuannya desain lay out rumah.
    rencananya saya akan buat rumah 2 lantai diatas tanah 10×20 m2.

    askar

  16. adrian says:

    :eek: buset dah, gini nih kalo ada gratisan, kesian woey arsitek juga manusia. Bayar mas, bayar. Yang sabar ya mas iqbal.

    saran : mas iqbal bikin kreasi untuk masing2 luas tanah aja, jadi biar bisa dipake buat inspirasi temen2 disini yang mau gratisan. Itu juga kalo mas iqbal ada waktu.

    Hargailah manusia sebagaimana kau ingin mereka menghargaimu

  17. mia says:

    Dear Mr Iqbal,

    Salam Kenal.saya berencana mau ngedak lantai dua.s.saya mau tahu cara ngedak apa yang cukup murah dan kuat.apa beda ngedak convensional dengan keraton.atau ada cara lain selain kedua bahan tersebut.kalaungedak secara convensional untuk ukuran 40m2.berapa semen dan besi behel yang harus disiapkan & bearapa pasaran ongkos tukang sekarang?

    Terimakasih

  18. yudho says:

    salam kenal p.iq…saya ingin membangun rumah tipe 48 dengan panjang 8 meter dan lebar 6 meter…dengan kamar tidur 2,ada ruang tamu, dan kamar mandi serta dapur jadi satu dengan ruang makan dan ada terasnya…mohon bantuannya luas tanah saya 12x24m2…dan berapa estimasi biaya pembangunannya ya pak…terima kasih banyak atas bantuannya..

  19. Bagas A says:

    Yth. Mas Iqbal.

    Ass. wr wb.

    Saya berencana menambah bangunan disebelah kanan rumah dengan luas tanah : 6 x 14 m2.
    Ruang-ruangnya adalah sbb :
    1. Ruang keluarga
    2. Dapur bersih / dapur kotor terbuka
    3. Ruang makan menyatu dengan dapur bersih
    4. Kamar mandi berdekatan dengan dapur
    4. Taman belakang

    Mohon disertai dengan gambar /denah, terima kasih atas bantuannya.

  20. triyeka says:

    klo boleh mo tanya ne pak…..saya punya rumah tipe 36 luas 120, 2kt, 1km,ruang tamukmttp blm ada dapurnya, bgm denahnya apabila dapur dibuat menyatu dengan ruang makan dan ruang keluarga, trus pengennya ada taman dibelakang shng klo lg makan or lg nyantai ada pemandangan ke taman,ditambah jg pintu smping spy keluar msk ga lewat ruang tamu.

  21. iwan says:

    salam kenal mas iqbal
    mohon bantuannya pak. saya punya tanah 9x11m. dengan ukuran 11 lebar & 9 panjang saya berencana ingin membangun rumah dengan ukuran 6X7m. dengan 2 kmr, r. tamu. k. mandi. terus dibelakang pingin ada terasnya.dan perkiraan biaya untuk sekarang berapa?
    terima kasih atas bantuannya, saya tunggu denah dan perkiraan biaya secepatnya.

  22. Nurlina says:

    Dear Mr Iqbal,

    Salam Kenal.saya berencana mau ngedak lantai dua.s.saya mau tahu cara ngedak apa yang cukup murah dan kuat.apa beda ngedak convensional dengan keraton.atau ada cara lain selain kedua bahan tersebut.kalaungedak secara convensional untuk ukuran 40m2.berapa semen dan besi behel yang harus disiapkan & bearapa pasaran ongkos tukang sekarang?

    Terimakasih

  23. Jordin says:

    mohon bantuannya pak. saya punya tanah 10x15m. dengan ukuran 10 lebar & 15 panjang saya berencana ingin membangun rumah dengan ukuran 4X5m. dengan 2 kmr, r. tamu. k. mandi. terus dibelakang pingin ada terasnya.dan perkiraan biaya untuk sekarang berapa?
    terima kasih atas bantuannya, saya tunggu denah dan perkiraan biaya secepatnya

  24. Jordin says:

    mohon bantuannya pak. saya punya tanah 10x15m. dengan ukuran 10 lebar & 15 panjang saya berencana ingin membangun rumah dengan ukuran tersebut untuk di buat 2 lantai, yg lantai bawah desain untuk ruko yg diatas digunakan buat tmpat tngal 3 kmr, r. tamu. k. mandi. perkiraan biaya untuk sekarang berapa?
    terima kasih atas bantuannya, saya tunggu denah dan perkiraan biaya secepatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>