Susahnya mencari Toko Bangunan online

Sejak minggu lalu saya masih disibukkan dengan pekerjaan dan juga mencari bahan bangunan untuk rumah yang sedang kami kerjakan. Minggu ini saya kebagian shift pagi. Shift pagi sendiri dimulai pukul 6 pagi sampai pukul 2 siang. Jika masih ada problem pekerjaan saya bisa keluar kantor pukul 2.30 atau 3 siang. Saya sampai rumah sekitar pukul 4 atau 4.30 sore karena jalan sudah mulai macet.

Kebanyakan Toko Bangunan (Material) akan tutup ketika saya sudah sampai rumah. Jika ke Toko Bangunan saya selalu menyertakan sitri saya untuk memilih-milih bahan bangunan yang ingin dipakai. Selain karena ingin menyamakan selera dan model yang diinginkan juga untuk diskusi tentang harga yang selalu kami pertimbangkan. Jadi saya selalu pulang ke rumah dulu kemudian baru berangkat pergi ke toko bangunan dan mencari material yang dibutuhkan.

Namun karena sudah kesorean, kami biasanya mendapati toko toko bangunan dekat rumah sudah tutup. Mereka biasanya tutup sekitar pukul 4.30 sore. Nah inilah yang menjadi permasalahan. Saya akhirnya tidak bisa mendapatkan bahan yang kami butuhkan untuk menbangun rumah.

Saya mencoba mencari toko bahan bangunan online di internet. Ternyata saya tidak menemukan yang saya cari. Beberapa toko swalayan bangunan yang saya ketahui cukup besar diantaranya adalah Depo Bangunan, Mitra 10 bahkan BJ Hypermart Bangunan nun jauh di Serpong sana ternyata tidak ada pelayanan Toko Online-nya. Ketika mencari ke Om Goolge dengan keyword salah satu dari toko tersebut saya tidak mendapatkan alamat website dari toko-toko tersebut. Saya mencoba klik salah satu dari link-link yang disediakan oleh Om Google dan dihantarkan ke list toko bangunan dari endonesia.biz di kategori Bahan Bangunan. Selain itu saya juga mendapatkan alamat dan nomor telepon Depo Bangunan dan Mitra 10 yang bisa dikunjungi langsung dari sini. Karena ada nomor teleponnya, saya mencoba menghubungi Depo Bangunan dan Mitra 10 dan menanyakan tentang website mereka. Jawaban dari Depo Bangunan ternyata mereka memang tidak mempunyai website.

Tujuan saya mencari website mereka adalah untuk mendapatkan informasi harga dan produk-produk bangunan. Semacam katalog dari apa yang mereka jual di tokonya. Kebetulan saat ini saya mencari keramik dan perlengkapan kamar mandi untuk rumah saya. Sayang sekali informasi ini tidak ada, sehingga saya hanya mempunyai minim informasi.

Akhirnya saya menelepon ke 108 dan menanyakan Mitra 10 Depok, pihak telkom memberikan nomor telepon yang kami inginkan. Sesaat kemudian saya langsung menghubunginya dan menanyakan kapan toko mereka tutup. Mereka kemudian menjawab akan tutup jam 8 malam. Alhamdulillah, beruntung saya bisa langsung mendatanginya mencari bahan-bahan yang kami butuhkan. :)

Ehm… Saya jadi punya ide membuat Toko Bangunan Online untuk mereka yang tidak bisa kesana-kemari mencari bahan bangunan. Cukup mendatangi rumah virtual-nya saja dan memesan barang bisa langsung dikirim. :D ehm ide yang bagus… :-? anda yang ingin mencoba…??? Atau ada yang tahu informasi tentang Toko bangunan online…??? kl anda punya modal & tertarik silahkan dicoba saja… [peace]

This entry was posted in Keluarga, Keseharian, Rumah mungil. Bookmark the permalink.

20 Responses to Susahnya mencari Toko Bangunan online

  1. Dhika says:

    :) , jadi dapat apa saja setelah tengok2 di mitra 10 depok?

  2. Iqbal_Ir says:

    @Dhika,
    Alhamdulillah, bisa bawa pulang kloset dan beberapa perlengkapan kamar mandi lainnya cak… :)

  3. AWET says:

    emang seberapa signipikan sih kalo toko bangunan punya w/s *untuk di negri kita lho*
    terutama di sekitaran jawa barat????

  4. Iqbal_Ir says:

    @Awet,
    Kalau diliat dari statistik pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin banyak kang. Signiphikan atau tidak setidaknya website bisa jadi rujukan, setidaknya untuk promosi di dunia maya. :)

  5. wempi says:

    saya mau buka toko bangunan nih di pekan baru, lagi nyari konsep bagus buat disini..ada ide ndak yah? berani join bang iqbal?

  6. Fakhri says:

    iya ni di indonesia toko bahan bangunannya masi ketinggalan zaman, jadi kita2 yang mau cari harga bahan bangunan melalui internet pun kesulitan…mana ni toko bahan bangunan di indonesia? masi mau di bilang katrukkk?

  7. Iqbal_Ir says:

    @wempi,
    Wahhh nda punya dana kang utk usaha… Dana-nya tersedot utk membangun rumah…
    Jadi kalau mas wempi jadi mbuat toko bangunan, saya sarankan utk dibuatkan juga websitenya kang… Kalo perlu bantuan utk websitenya, boleh2 saja kang…

    @Fakhri,
    Meski toko2 bahan bangunan sekarang sudah ada beberapa yang berbentuk swalayan, tapi untuk website sayangnya masih belum ada satupun…

  8. kdsuastika,ST says:

    salam kenal, saya baru lulus Fak.Teknik sipil sekarang dipercaya bokap untuk mengelola perusahaan nya.kecil-kecilan:smile:
    saya mengalami kendala dipemasaran mungkin ada saudara yang bisa join. thank’s

  9. aat says:

    Wah,.. sama nih kayaknya masalahnya dengan diriku saat ini.
    Saya tau blog ini juga gara gara tanya ke om google. Ternyata adajuga ya yg senasib dan sepenanggunan. Sayang, rumah saya jauh dari depok sehingga ga mungkin kesana. Saat ini, saya mensiasatinya dengan membeli bahan bangunan di hari libur (sabtu / minggu).

    Tapi ya itu, harus benar benar matang rencananya. Karena saya harus beli interior untuk dikerjakan selama seminggu. Sungguh,.. bukan perkara gampang. Saat ini saya sedang mencari referensi torent air saja susahnya bukan main.

    Semoga aja nantinya banyak toko bangunan online…
    That would be nice for people like us,…

    thx for share…
    aat

  10. Nina says:

    Ya nih, aku juga udah frustasi dari tadi coba cari informasi online mengenai lantai kayu. Soalnya lantai rumahku keramiknya tiba tiba naik dan ada ide untuk menggantinya dengan lantai kayu. Saat ini saya di Sin dan mau pulang minggu depan. Coba cari info online dengan harapan pas pulang Jakarta bisa langsung order dan pasang, Ternyata udah search sana sini enggak ada info yang membantu. Kapan ya toko bangunan di Jakarta bisa lebih maju :???: :??

  11. Iqbal_Ir says:

    @Edhy,
    Trim’s link-nya… :)

  12. langgeng says:

    dimana sy bs mencari toko bangunan di purwokerto

  13. Iqbal_Ir says:

    @langgeng,
    ehm… dimana yah kl disana… maaf yah sy ngga tau…

  14. cumi says:

    salam kenal,

    Kl menurut saya toko bangunan online ga akan effektif ya.. kendala di pengirimannya, apalg kl nominal belanjanya kecil.

    Yang ada harga pasti jd lebih tinggi dr toko bangunan tradisional, apalg kl kantor/toko di jakarta, tp pesanan sampe ke depok..:razz: walahh bisa berapa duit ya jadinya, mending beli ke toko bangunan deket rumah aja deh.

    Blom kl ada yg beli cuma cat sekaleng (1kg), paku 1 kg, papan cor 2 lembar & pasir segrobak.. tolong dikirim ke bintaro ya mas.. :hehe:

    Gmn ngirimnya ya? :???:

  15. Iqbal_Ir says:

    @cumi,
    kl masalah antar sih tinggal diatur aja, yg nanggung pembeli apa penjual.

    yg sy concern ttg pricelist bhn bangunan kl sy lg ngga sempet hunting2 material. untung sy sdh dpt nmr2 telp bbrp toko bangunan, jd tinggal telpon aja…

  16. cumi says:

    :wink: Nah itu dia masalahnya mas, kl di bebankan ke pembeli.. yg pasti pembeli ga akan mau krn harga pasti jauh lebih tinggi, sedangkan kl di bebankan ke penjual.. hr gini aja uda susah, bisnis lg pd seret, untung jg tipis, apalag kl pake dibebanin biaya antar segala.. bisa2 cuma kerja bakti, kaloo belanjanya banyak.. nah kl belanjanya cuma dikit, apa ga buntung tuh?:eek:

    “Iqbal_Ir wrote :
    yg sy concern ttg pricelist bhn bangunan kl sy lg ngga sempet hunting2 material.”

    Ini dia masalah lainnya, ujung2nya website toko bangunan tersebut cuma sebagai alat perbandingan harga.. belinya ditempat lain yg lebih murah, yg penting uda dapet perkiraan harga. inilah masalah utamanya, jaman susah kaya gini masalah harga jd sgt sensitif.. kecuali anda kelebihan uang dan yg pasti org yg kekurangan uang lebih banyak dari pd yg kelebihan. Kl begini apa ga makin buntung tuh website, yg ada bener2 kerja bakti de tuh website. bentaran jg tutup websitenya. :razz:

    Saya percaya banyak org pinter di Indonesia, kl efektif dan menguntungkan, pasti sdh banyak perusahaan2 toko bangunan online di Indonesia.

    Nyatanya? ga ada kan yg buat?

    Saya sdh kepikiran ide ini jauh sebelum blog ini didirikan, dan saya mengamati perkembangan perusahaan online di Indonesia. yang saya dapatkan sangatlah tidak mungkin utk membuat perusahaan toko bangunan online di Indonesia. Kecuali Indonesia seperti luar negri, gerobak pasir ga boleh lewat jalan raya, perumahan tdk boleh jd toko bangunan hrs disesuaikan daerah perumahan dan daerah bisnis (pertokoan) nah kl uda gitu br bisa jalan deh tuh toko bangunan online. :wink:

  17. Iqbal_Ir says:

    @cumi,
    ehm setiap org pasti punya pandangan sendiri2. saya melihat ada bbrp website jualan online yg msh hidup smp skrg, misalnya bhinneka, glodokshop, trs ada jg yg jualan pakaian muslim/ah online. kl bisnis jualan online ngga menguntungkn, pasti website mereka sudah collaps skrg padahal mereka sudah lama memulai jualan online. tp website2 itu msh ada smp skrg. sy mmg menjadikan website2 tsb sbg perbandingan harga saja. kl menurut sy itu sih ngga masalah khn…

    website2 itu mmg meminta biaya antar. nah biayanya itu bs disiasati, misalnya kl beli dikit biaya antarnya gede, kl beli banyk biayanya bs sedikit atw mgkn ngga perlu biaya antar krn beli byk atau biaya antar bs disiasati dgn minimal jmlh pembelian… atw kl beli sedikit khn bs dateng lgsg ke toko aja

    kl ngga mau nganter y ngga usah jualan online… Depo Bangunan Kalimalang yg ngga online aja sering nganter material ke luar kota kok, pernah sy denger smp k Punung Putri (Bogor) segala lho… ;)

  18. cumi says:

    Mohon dibaca dengan cermat, kata2 saya sebelumnya.. yang saya bilang tidak akan jalan “TOKO BANGUNAN ONLINE” bung, bukan toko2 online yg lain. kl ga keliatan pake KACAMATA ya!! :razz:

    kl bhinneka, glodokshop, apa ada toko2 elektronik seperti mrk di sekitar rmh / perumahan seperti toko2 bangunan yang ada dimana2, bahkan hampir 200-300m pasti ada toko bangunan? coba di jawab bung? :cool:

    Ini perbedaannya, kita harus ke glodok atau mangdu yg melewati jalan macet, panas2an, jauh dr rumah, blom lg nyari parkirnya susahhh bener… yah wajarlah toko online mrk bisa jalan.. :wink:

    Kl toko2 pakaian muslim jg apa ada di deket rumah dan sebanyak toko2 bangunan? ga ada kan? paling jg bisa di itung pake jari, itupun ga lengkap.

    Nyarinya dimana? ya kl ga di tanah abang, itc mangdu, itc cempaka mas.. kondisinya gmn? sama macetnya, sama jauhnya dr rmh dsb.

    Depo bangunan sampe ke gunung putri?? ya pasti dianterin lah plus ongkos kirim, wong kmrn saya br ke depo bangunan beli keramik 100 dus. itu jg dianterin pake ongkos, kl ga di anterin mo bawa pake apa itu keramik? kijang aja ga mampu bawa semuanya. makanya ga heran ke gunung putri jg di anterin.

    Kan saya sdh mention di atas, di Indonesia punya banyak org pinternya.. nah saya yakin yg punya depo bangunan, mitra10 dan satu lagi.. ACE hardware pastinya lebih pinter dr anda makanya mrk bisa punya perusahaan sebesar itu.

    KENAPA MRK TIDAK BUAT TOKO BANGUNAN ONLINE????

    Saya rasa cukup penjelasan dari saya..
    Silahkan direnungkan , dipikirkan dan dijawab dalam hati saja…

    (:|

    Saya tantang anda utk buat toko bangunan online, saya akan tunggu apakah ada toko bangunan online anda akan sukses? 8-}

  19. Iqbal_Ir says:

    @cumi,
    thx udah ngasih pendapat panjang lebar ky lapangan bola…

    knp sih anda beli keramik aja jauh2 ke depo bangunan…?? padahal di rmh deket sm rmh anda juga ada..?? malah mungkin 200-300m dkt rmh anda…??? knp sih beli jauh2 ke depo bangunan kl barang material lbh lgkp deket rmh & ada dimana2 itu, knp hrs ke depo bangunan??? knp sih anda mau bayar ongkos kirim pdhl kl diitung total barang + ongkos kirim jd kena biayanya jd lbh mhl…?? knp sih bela2in beli jauh2 pake ongkos antar segala padahal kl beli di deket rmh anda ongkosnya gratis…?? knp sih bela2in beli jauh2 dari gunung putri pake ongkos anter padahal di bogor jg banyak toko bangunan yg gratis ongkos kl deket…??? knp ngga beli disana aja..???

    kl tokonya berkualitas pasti dicari orang donk, kl tokonya lengkap pasti dikejar org donk… kl toko bangunannya bikin website buat menangkap pembeli lwt internet knp ngga? kualitas brgnya khn bs di cek lwt toko fisiknya aja… :) kl kualitasnya bagus toko online pasti dikejar org donk, biar pake ongkos kirim juga dibela2in… seperti orang2 yg beli di depo bangunan termasuk anda dan saya toh…

    kl menurut sy ini ngga ada hubungannya sm kepintaran seseorang. ini tentang niat utk penetrasi konsumen online dan membaca peluang bisnis. coba anda tanya sj sm yg lebih pintar, mungkin anda sendiri mungkin lbh pintar…?? atau tanya langsung ke depo bangunan, ace hardware mungkin…??

    loh kok anda yg nantang sih..? bukannya anda yg tadinya ingin membuat website itu tp sudah pesimis duluan… tulisan sy diatas bukan ingin membuat toko bangunan online, cm menyayangkan saja… :)

    sudahlah mas cumi, ngga usah diperpanjang debat kusirnya. kl anda ngga setuju dengan pendapat sy gpp kok. [peace]