Upgrade WordPress (lagi)

Sejak pertama kali menggunakan wordpress, saya sudah dua kali upgrade WordPress untuk blog ini. Sebagai sebuah mesin blog, WP sangat mudah digunakan. Mungkin itu salah satu alasan saya menggunakan WP sebagai blog engine sejak awal nge-blog. :)

Pun demikian dengan orang-orang yang ada dibalik pembuatan blog engine ini, mereka sampai sekarang masih terus mengembangkan mesin blog ini untuk meningkatkan kehandalan WorPress. Ini bisa dilihat dari seringnya mereka membuat release terbaru. Meski sudah sering sekali ada release, saya agak sedikit menjaga jarak untuk diaplikasikan di blog ini antara release satu dengan lainnya. Karena berdasarkan pengalaman saya, WP sering kali me-release versi yang ternyata belum stabil. Misalnya seperti tahun kemarin, versi 2.0 yang di release bulan Desember 2005 dan versi 2.0.1 sangat dekat waktunya yaitu bulan Januari 2006, hanya berbeda kurang dari 2 bulan.

Kini, WordPress 2.0.6 sudah di release dan hanya berselang 10 hari sejak release tersebut, WordPress 2.0.7 kemudian di release. Ternyata ada Security Issue yang harus diperbaiki pada versi sebelumnya. Mungkin karena ada gunjang-ganjing di dunia blogsphere, seseorang yang menamakan diri f***kingpirate berhasil meng-hacking beberapa blog yang berbasis WorsPress. Skrinsut dari yang pernah di hack oleh “orang iseng” tersebut bisa dilihat disini. Meski saya tidak begitu menginginkan untuk selalu up-to-date blog engine WordPress pada blog ini, tetapi berjaga-jaga dari orang-orang iseng memang tidak ada salahnya toh… ;)

Akhirnya saya upgrade blog ini ke versi 2.0.7 setelah sebelumnya mengunakan WP 2.0.3 sejak terakhir kali upgrade. Semoga tidak ada yang berniat menjaili blog ini dan mudah-mudahan tidak ada bug yang menganggu. :cool:

Update (23/01/07):
Baru saja 11 jam yang lalu WP 2.1 sudah di launch. glek…. :O

This entry was posted in Internet security, Main category, Tools, Software & Technology, Web Developers, Wordpress. Bookmark the permalink.

8 Responses to Upgrade WordPress (lagi)

  1. Luthfi says:

    wah, ilmu utk menjahili gak punyaeee, kecauali kalo sampeyan ngasih username buat lgin sekalian passwordnya :-)

  2. achedy says:

    Jadi pengin upgrade juga nih :)

  3. Iqbal_Ir says:

    @Luthfi,
    ehm.. kalau itu masih rahasia perusahaan deh… hehe…:razz:
    @achedy,
    Silahkan cak… Buat jaga2 saja…

  4. Dhika says:

    :) , apgred WP di dreamhost tinggal klik doang je….

  5. Iqbal_Ir says:

    @Dhika,
    Wah sayang cak, saya nda pake Dreamhost yang terkenal itu… :D Pengennya pindahan sih kesana, tapi nanti saja lahh…

  6. Kenzt says:

    Salam kenal sebelumnya, :wink:

    Sebagai lanjutan dari tersedianya versi 2.07 akhirnya WP menyediakan pula versi terbarunya hanya selang beberapa hari sesudahnya, yaitu versi 2.1 Ella.
    Apakah anda sudah mencobanya?

    Jika sudah ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan, mengingat dari tulisan anda diatas, saya menyepakati bahwasannya versi terbaru yang disediakan oleh developer WP belum tentu sempurna.

    Tidak semua webhosting provider menyediakan apdet versi WP terbaru sebegitu cepat, mungkin dengan berbagai pertimbangan sendiri-sendiri. Bagi blogger yang kebetulan mendaftar di blog hosting yang cepat upgradenya, mungkin cukup tinggal klak-klik di fantastico dan proses update wordpress sudah tinggal tunggu dan jadilah. Namun demikian bagi blogger yang kebetulan hosting di tempat yang lambat apdet versi WP-nya, maka jika ingin beralih ke versi terbaru mau tidak mau harus upgrade scara manual.

    Entah konfigurasi dengan masing-masing fitur yang berbeda-beda pada tiap hosting provider, ataukah memang wordpress 2.1 Ella yang tidak sempurna, tapi yang jelas ketika saya upgrade secara manual wp 2.1 tersebut, saya mendapatkan hasil yang berbeda-beda untuk masing-masing proses upgrade.

    Dalam kejadian upgrade manual untuk 2 blog pada satu webhosting Indonesia (nicspace.com), saya mendapatkan:
    1. untuk blog dengan subdomain, proses apdet berjalan sempurna. Tampilan menu editor untuk posting tersedia versi Visual dan Code seperti yang dijanjikan oleh developer WP; namun
    2. untuk blog dengan alamat utama saya, proses apdet mengalami sedikit ketidaksempurnaan, yaitu pada editornya hanya tersedia mode Code saja, sedangkan mode Visual-nya tidak ada. Entah apa yang membuat seperti ini saya tidak tahu. Berulangkali saya coba hapus bersih lalu install lagi hasilnya tetap sama.

    Kejadian lainnya adalah di bloghosting lain (jagoanhosting.com), wp versi 2.1 sudah tersedia tidak lama sejak dirilis, namun permasalahan yang muncul adalah sama dengan nomer 2 diatas. Hal ini berlaku, baik jika kita upgrade manual ataupun upgrade otomatis (via fantastico). Kedua cara tersebut sudah saya coba dan hasilnya sama.

    Tapi solusi untuk permasalahan ini mudah saja. Cukup masuk ke wp-admin lalu menjalankan beberapa file seperti upgrade.php, upgrade-function.php dan beberapa file upgrade lainnya maka selesailah permasalahannya.
    Namun untuk permasalahan yang sama, solusi tersebut tidak bisa saya lakukan untuk poin nomer 2 diatas. Hasilnya tetap saja tidak ada mode visual.

    Jika anda ada kesempatan untuk mencobanya, kira-kira permasalahan apa yang terjadi? Mungkin anda ato rekan lainnya dapat memberikan sedikit pencerahan buat saya… :smile:

    Untuk detil masing-masing webhosting bisa saya berikan, jika memang permasalahannya adalah menyangkut program-program yang terinstall di masing-masing webhosting.

    Sorry sebelumnya jika komentar saya terlalu panjang…

  7. Iqbal_Ir says:

    @Kentz,
    Iya saya sudah menggunakannya kenzt, tapi bukan di blog ini. Utk mengatur Visual Editor bisa dari admin control panel. Visual editor ini hanya bisa diakses dari IE, Firefox, Opera 9.0 keatas dll. Coba atur user profilenya, masuk ke User -> Your Profile. Kemudian centang Visual Editor-nya saja dan jangan lupa di save. Mudah2an berhasil. ;)

    Skrinsutnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>